Perbedaan antara Musik dan Lagu

Assalamu'alaikum genks. Kali ini saya ingin menunjukkan beda nya musik dengan laguu 👇.

1. MUSIK adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan; nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

2. LAGU adalah ragam suara yang berirama (dalam bercakap, bernyanyi, membaca, dan sebagainya): bacaannya lancar, tetapi kurang baik -- nya; nyanyian: -- perjuangan; ragam nyanyi (musik, gamelan, dan sebagainya): -- keroncong asli; tingkah laku; cara; lagak: -- nya seperti orang asing saja;menyanyikan -- lama (kuno), pb mengutarakan pendapat yang telah usang atau sudah sering dikatakan orang.

Kalo dilihat dari KBBI sudah terlihat perbedaannya, bahwa MUSIK itu hanya berisikan nada saja tanpa ada nyanyian. Kalau LAGU itu disertai dengan nyanyian.

Kalo dalam bahasa inggris lebih terlihat perbedaannya yakni "Music is a sound, or the study of such sounds, organized in time while Song is a musical composition with lyrics for voice or voices, performed by singing." Detailnya lihat disini: http://www.wikidiff.com/song/music

JADI INTI GAMPANGNYA :MUSIK itu sama sekali tidak ada nyanyiannya jadi cuma suara instrumen aja, contoh gampangnya ya musik dugem yang cuma dag dig dug aja dan ga ada orang yang nyanyi.

- Nah kalo ada nyanyiannya alias ada orang yang nyanyi dan ga cuma nada dag dig dug aja ya sebutnya itu LAGU, makanya itu Indonesia Raya disebutnya ya Lagu Indonesia Raya, bukan disebut Musik Indonesia Raya kan? gitu intinya.

Sumber: https://m.kaskus.co.id/thread/581063d5dbd770b5208b456a/apa-beda-musik-dengan-lagu-cari-tau-disini-biar-gaul-d/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam - macam Alat Musik Tradisional

Macam - macam Alat Musik Modern

Pengertian Nada, Melodi, Irama, Tangga Nada